الاثنين، 23 مارس 2020

Menerapkan Penataan Interior Kantor


Menerapkan Penataan Interior Kantor (office arrangement)

Hasil gambar untuk gambar interior kantor
Interior kantor adalah suatu area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang di fungsikan sebagai kantor atau tempat administrasi.
Fungsi Interior Kantor
1.      Merancang untuk mengakomodasi fungsi interior kantor dan kebutuhan bagi pengguna ruang.
2.      Menciptakan atmosfir kantor yang nyaman dan membangkitkan suasana kerja.
3.      Menampilkan citra kantor yang bertaraf profesional dan fasilitas yang memadai.
4.      Menciptakan ruang yang memperhatikan kebutuhan estetika, fungsi dan ruang gerak.
5.      Memenuhi kebutuhan ruang dengan memperhatikan tata letak dan efisiensi dari ruang kantor.
6.      Tersedia sarana dan prasarana untuk menunjang aktivitas kerja yang terjadi di kantor tersebut.
7.      Meningkatkan hubungan antar unit kerja secara optimal.
8.      Menciptakan suasana dalam meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.
9.      Memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada klien saat bertransaksi.
Pengaturan Ruang Kantor
Pengaturan ruang kantor merupakan bagian penting untuk mewujudkan kantor yang indah, nyaman, sehat dan fungsional. Pengaturan ruang kantor yang baik dan benar bukan untuk kantor besar saja, kantor kecil pun perlu penataan ruang kantor yang baik dan benar, agar menjadi lebih nyaman dan leluasa.
Mengapa kantor terlihat ruang-ruangnya sempit dan sesak. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara lain, pengaturan interior ruang kantor tidak terencana atau tertata dengan baik dan benar, maka ruang terasa tidak nyaman dan menyenangkan.
Penataan interior kantor yang baik dan benar tidak terlepas dari empat hal pokok yang harus dipahami yaitu:
– Tata ruang kantor,
– Pemilihan perlengkapan kantor,
– Dekorasi ruangan kantor,
– Lalulintas dalam ruang kantor.
Prinsip Ruang Kantor Yang Baik
Terdapat empat azas pokok dalam penataan interior kantor yang baik.

1.      Azas jarak terpendek ialah suatu tata letak interior kantor yang terbaik dimana memungkinkan proses penyelesaian suatu pekerjaan dapat dilakukan sependek-pendeknya atau dengan waktu yang efektif.
2.      Azas rangkaian kerja ialah penempatan para karyawan dan alat-alat kantor yang dirunut rangkaiannya agar sejalan dengan urutan penyelesaian pekerjaan. Azas rangkain kerja juga merupakan kesinambungan azas jarak terpendek karena dengan tata letak suatu ruang yang baik, akan memudahkan karyawan menjangkau alat pekerjaan yang dibutuhkan sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
3.       Azas penggunaan segenap ruangan ialah azas dimana suatu tata ruang kantor mempergunakan sepenuhnya ruang kantor termasuk di dalamnya secara vertikal (ke atas dan ke bawah). Azas ini menggunakan sistem pemaksimalan suatu ruangan. Azas ini sangat baik digunakan terutama bagi suatu ruang kerja yang kecil namun menuntun tempat penyimpanan yang cukup luas. Penggunaan secara maksimal ruang kantor dari atas ke bawah, atau begitu pun sebaliknya, merupakan cara yang baik dilakukan sesuai azas penggunaan segenap ruang ini..
4.      Azas perubahan. Perubahan susunan ruang kantor dapat dilakukan apabila tata letak suatu ruang kerja diharuskan untuk berubah karena alasan-alasan 3 hal di atas. Perubahan tata letak kantor dapat digunakan untuk membuat suasana baru dalam suatu kantor. Azas-azas ini pun selaras sejalan dengan besar-kecil berat-ringan perabotan ruang kerja yang digunakan.

Cara Meningkatkan Estetika Kantor
Kantor Anda bukan hanya tempat kerja – itu adalah rumah kedua bagi banyak karyawan Anda dan itu adalah keseharian perusahaan Anda ketika karyawan bertemu dengan mitra bisnis saat berkunjung.
Peningkatan estetika kantor tidak hanya akan membantu kantor Anda merasa lebih hidup dan nyaman, tapi juga akan membantu mengurangi stres dan membantu karyawan Anda bekerja lebih baik.
1.      Pencahayaan
Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan pencahayaan alami di kantor Anda akan berdampak langsung pada produktivitas, kewaspadaan, dan perhatian karyawan.
Dengan meningkatkan level cahaya alami (bila tidak ada maka ganti lampu neon dengan lampu LED yang lembut dan lebih ambien), pertimbangkan menukar lampu neon dengan lampu meja untuk meningkatkan kewaspadaan.
2.      Alamiah
Tanaman alami dapat memberikan perasaan segar dan ringan bagi lingkungan kantor secara keseluruhan, tanaman juga membantu membersihkan udara dan mengurangi bakteri, membantu karyawan kantor lebih terlindungi dari penyakit. Tanaman pakis, tanaman laba-laba, lili, dan ivies semuanya bagus untuk udara di dalam ruangan kantor Anda dan hanya membutuhkan sedikit pemeliharaan.
3.      Ruang Terbuka
Ruang berdinding lebih memungkinkan untuk mengurangi suasana hati karyawan, karena mereka terisolasi. Hilangkan dinding penghalang agar pengertian interior kantor terbuka lebih dipahami sehingga mengarah pada komunikasi tatap muka.
Berguna untuk meningkatkan hubungan karyawan dan meningkatkan suasana hati. Ciptakan lingkungan kerja yang lebih terbuka dan kondusif, akan membantu estetika & fungsi interior kantor Anda.
4.      Personalisasi
Karyawan suka personalisasi dan menghias ruang kerja mereka – biarkan mereka melakukannya! Berikan biaya dari perlengkapan kantor dan dorong mereka untuk menyesuaikan area mereka sesuai keinginan pribadi mereka. Hal ini akan membantu retensi karyawan dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja, karena tidak ada yang suka bekerja di lingkungan yang tidak nyaman. contoh Penataan  Interior Kantor:
Hasil gambar untuk gambar interior kantor

Interior Kantor Perpaduan Alami

Hasil gambar untuk gambar interior kantor
Interior Futuristik
Hasil gambar untuk gambar interior kantor

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

Kalender 2025 Klik link berikut:   https://www.canva.com/design/DAGUfuz11lc/pjz_0EaQ9ScxidsGk-DVtA/edit