SOAL PAKET 1:Klik disini
الأربعاء، 12 فبراير 2025
الثلاثاء، 11 فبراير 2025
Soal Mengelola Pertemuan
A.
Dalam rangka mempersiapkan kerjasama
dalam pembangunan proyek gedung perkantoran tahun 2025 dengan PT Bina
Insan Mandiri, maka perlu diadakan rapat persiapan. Rapat akan dilaksankan pada 28 April
2025 di Ruang meeting ekskutif Hotel Palem Kuning pada pukul 10.00 sampai
dengan selesai.
Peserta rapat :
·
Pimpinan Rapat (Bapak Deva Prasetyo) –
Direktur Proyek
·
Ibu
Anita Sari –
Manajer Keuangan
·
Bapak Andi Wijaya
– Manajer Operasional
·
Ibu Fitri Handayani –
Staf Administrasi
·
Ibu Dwi – Staff
Administasi
·
Bapak Edo –
Staff Keuangan
Untuk
itu pimpinan meminta untuk segera membuat surat udangan rapat dan dikirim
melalui email peserta rapat ( * menggunakan email penguji)
Adapun jalannya rapat sebagai
berikut :
a.
Identifikasi
media rapat
sesuai kebutuhan
b.
Klasifikasikan
peserta yang diundang
c.
Susun agenda
rapat dan rangkaian acara rapat dan pertemuan sesuai arahan
pimpinan dan protokol
yang berlaku pada organisasi.
d.
Tetapkan waktu, tempat, dan ketentuan rapat dan pertemuan ditetapkan sesuai kebutuhan.
e.
Identifikasi
file yang
akan di
akses sesuai
dengan perangkat
lunak yang
digunakan.
f.
Pilih piranti
lunak yang
tepat dari
menu yang
tersedia.
g.
Kenali File
untuk dibuka.
h.
Pastikan ketepatan data/informasi yang di akses.
i.
Pilih aplikasi
piranti lunak
sesuai kebutuhan.
Pimpinan Rapat: "Selamat pagi, rekan-rekan. Hari ini kita akan membahas rencana pembangunan
gedung perkantoran di kawasan Jakarta Selatan. Target proyek ini harus selesai dalam waktu 18 bulan. Saya ingin
mendengar laporan dari masing-masing divisi terlebih
dahulu. Pak Andi, bagaimana perkembangan perencanaan teknis?"
Bapak
Andi (Manajer Operasional): "Terima kasih, PakDeva. Perencanaan teknis sudah 90% selesai. Tim kami telah menyusun
desain struktural dan arsitektural sesuai standar, dan kami sedang
memfinalisasi perizinan dengan dinas
terkait. Tantangannya saat ini adalah memastikan pengadaan material
sesuai jadwal untuk memulai tahap pondasi."
Pimpinan Rapat: "Baik,
itu penting. Ibu Anita, bagaimana
dengan alokasi anggaran? Apakah sudah disesuaikan dengan
kebutuhan proyek?"
Ibu Anita:
"Anggaran sudah disusun berdasarkan estimasi kebutuhan material, tenaga kerja, dan peralatan. Namun, kami melihat
ada kenaikan harga bahan baku sekitar 10% dibandingkan tahun lalu. Kami mungkin perlu merevisi anggaran
untuk mengantisipasi hal ini."
Pimpinan Rapat: "Terima kasih. Revisi anggaran harus segera selesai minggu ini. Pak
Andi, apakah Anda sudah memiliki rencana mitigasi terkait kenaikan harga bahan baku?"
Bapak Andi: "Ya, Pak. Kami sedang mencari alternatif supplier dan material
dengan harga lebih kompetitif, tetapi tetap sesuai standar kualitas.
Selain itu, kami mempertimbangkan pembelian
material dalam jumlah besar untuk mendapatkan potongan
harga."
Pimpinan Rapat:
"Langkah yang bagus. Bagaimana dengan tim proyek di lapangan? Apakah tenaga kerja dan alat berat sudah tersedia?"
Bapak Andi: "Tim proyek sudah siap, dan alat berat akan mulai dikirim pekan
depan. Kami juga telah menjadwalkan pelatihan safety untuk pekerja pada awal
bulan depan."
Ibu Fitri: "Maaf, Pak Deva. Saya ingin memastikan apakah kontrak dengan
supplier utama sudah ditandatangani? Jika belum, saya bisa membantu
memprosesnya."
Pimpinan Rapat: "Kontrak belum ditandatangani, tetapi prioritas kami adalah supplier beton. Silakan Anda koordinasikan
dengan tim hukum untuk mempercepat prosesnya."
Ibu
Anita: "Saya juga ingin mengusulkan pengadaan software manajemen proyek untuk memantau progres secara
lebih efektif. Ini akan membantu mengontrol anggaran dan timeline."
Pimpinan Rapat: "Itu ide yang baik. Tolong buat presentasi tentang opsi software yang tersedia, dan kita akan bahas di
rapat berikutnya. Jika tidak ada hal lain, rapat ini saya tutup. Terima kasih atas kontribusi semua. Mari kita
fokus untuk memulai proyek tepat waktu."
Dalam persiapan
rapat disediakan anggaran rapat sebesar Rp 4.500.000 Untuk itu mohon dibuatkan laporan pengeluaran dengan
menggunakan laporan kas kecil sitem
fluktuasi. Adapun bukti pengeluaran sebagai
berikut :
1. Hasil cetak susunan agenda rapat
2.
Hasil cetak
room meeting
sesuai hasil
pencarian
3. Hasil cetak undangan rapat
4.
Screen shoot
bukti pengiriman
email
5.
Hasil cetak
notula rapat
6.
Laporan anggaran
rapat
LATIHAN SOAL UKK 2025
SOAL PAKET 1: Klik disini