Menerapkan Penataan Interior Kantor (office arrangement)
Interior kantor adalah suatu
area atau tempat yang berada di dalam suatu ruangan yang di fungsikan sebagai
kantor atau tempat administrasi.
Fungsi Interior Kantor
1.
Merancang untuk mengakomodasi fungsi
interior kantor dan kebutuhan bagi pengguna ruang.
2.
Menciptakan atmosfir kantor yang nyaman
dan membangkitkan suasana kerja.
3.
Menampilkan citra kantor yang bertaraf
profesional dan fasilitas yang memadai.
4.
Menciptakan ruang yang memperhatikan
kebutuhan estetika, fungsi dan ruang gerak.
5.
Memenuhi kebutuhan ruang dengan
memperhatikan tata letak dan efisiensi dari ruang kantor.
6.
Tersedia sarana dan prasarana untuk
menunjang aktivitas kerja yang terjadi di kantor tersebut.
7.
Meningkatkan hubungan antar unit kerja
secara optimal.
8.
Menciptakan suasana dalam meningkatkan
produktivitas dan kualitas kerja.
9.
Memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada
klien saat bertransaksi.
Pengaturan Ruang Kantor
Pengaturan ruang kantor
merupakan bagian penting untuk mewujudkan kantor yang indah, nyaman, sehat dan
fungsional. Pengaturan ruang kantor yang baik dan benar bukan untuk kantor
besar saja, kantor kecil pun perlu penataan ruang kantor yang baik dan benar,
agar menjadi lebih nyaman dan leluasa.
Mengapa kantor terlihat
ruang-ruangnya sempit dan sesak. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal antara
lain, pengaturan interior ruang kantor tidak terencana atau tertata dengan baik
dan benar, maka ruang terasa tidak nyaman dan menyenangkan.
Penataan interior kantor
yang baik dan benar tidak terlepas dari empat hal pokok yang harus dipahami
yaitu:
– Tata ruang kantor,
– Pemilihan perlengkapan
kantor,
– Dekorasi ruangan
kantor,
– Lalulintas dalam ruang
kantor.
Prinsip Ruang Kantor Yang
Baik
Terdapat empat azas pokok
dalam penataan interior kantor yang baik.
1.
Azas jarak terpendek ialah suatu tata
letak interior kantor yang terbaik dimana memungkinkan proses penyelesaian
suatu pekerjaan dapat dilakukan sependek-pendeknya atau dengan waktu yang
efektif.
2.
Azas rangkaian kerja ialah penempatan para
karyawan dan alat-alat kantor yang dirunut rangkaiannya agar sejalan dengan
urutan penyelesaian pekerjaan. Azas rangkain kerja juga merupakan kesinambungan
azas jarak terpendek karena dengan tata letak suatu ruang yang baik, akan
memudahkan karyawan menjangkau alat pekerjaan yang dibutuhkan sehingga
pekerjaan dapat dilakukan secara lebih efektif dan efisien.
3.
Azas penggunaan segenap ruangan ialah azas
dimana suatu tata ruang kantor mempergunakan sepenuhnya ruang kantor termasuk
di dalamnya secara vertikal (ke atas dan ke bawah). Azas ini menggunakan sistem
pemaksimalan suatu ruangan. Azas ini sangat baik digunakan terutama bagi suatu
ruang kerja yang kecil namun menuntun tempat penyimpanan yang cukup luas.
Penggunaan secara maksimal ruang kantor dari atas ke bawah, atau begitu pun
sebaliknya, merupakan cara yang baik dilakukan sesuai azas penggunaan segenap
ruang ini..
4.
Azas perubahan. Perubahan susunan ruang
kantor dapat dilakukan apabila tata letak suatu ruang kerja diharuskan untuk
berubah karena alasan-alasan 3 hal di atas. Perubahan tata letak kantor dapat
digunakan untuk membuat suasana baru dalam suatu kantor. Azas-azas ini pun
selaras sejalan dengan besar-kecil berat-ringan perabotan ruang kerja yang
digunakan.
Cara Meningkatkan
Estetika Kantor
Kantor Anda bukan hanya
tempat kerja – itu adalah rumah kedua bagi banyak karyawan Anda dan itu adalah
keseharian perusahaan Anda ketika karyawan bertemu dengan mitra bisnis saat
berkunjung.
Peningkatan estetika
kantor tidak hanya akan membantu kantor Anda merasa lebih hidup dan nyaman,
tapi juga akan membantu mengurangi stres dan membantu karyawan Anda bekerja
lebih baik.
1.
Pencahayaan
Penelitian menunjukkan
bahwa meningkatkan pencahayaan alami di kantor Anda akan berdampak langsung
pada produktivitas, kewaspadaan, dan perhatian karyawan.
Dengan meningkatkan level
cahaya alami (bila tidak ada maka ganti lampu neon dengan lampu LED yang lembut
dan lebih ambien), pertimbangkan menukar lampu neon dengan lampu meja untuk
meningkatkan kewaspadaan.
2.
Alamiah
Tanaman alami dapat
memberikan perasaan segar dan ringan bagi lingkungan kantor secara keseluruhan,
tanaman juga membantu membersihkan udara dan mengurangi bakteri, membantu
karyawan kantor lebih terlindungi dari penyakit. Tanaman pakis, tanaman
laba-laba, lili, dan ivies semuanya bagus untuk udara di dalam ruangan kantor
Anda dan hanya membutuhkan sedikit pemeliharaan.
3.
Ruang Terbuka
Ruang berdinding lebih
memungkinkan untuk mengurangi suasana hati karyawan, karena mereka terisolasi.
Hilangkan dinding penghalang agar pengertian interior kantor terbuka lebih
dipahami sehingga mengarah pada komunikasi tatap muka.
Berguna untuk
meningkatkan hubungan karyawan dan meningkatkan suasana hati. Ciptakan
lingkungan kerja yang lebih terbuka dan kondusif, akan membantu estetika &
fungsi interior kantor Anda.
4.
Personalisasi
Karyawan suka
personalisasi dan menghias ruang kerja mereka – biarkan mereka melakukannya!
Berikan biaya dari perlengkapan kantor dan dorong mereka untuk menyesuaikan
area mereka sesuai keinginan pribadi mereka. Hal ini akan membantu retensi
karyawan dan meningkatkan produktivitas di tempat kerja, karena tidak ada yang
suka bekerja di lingkungan yang tidak nyaman. contoh Penataan Interior Kantor:
Interior Kantor Perpaduan Alami
Interior Futuristik
No comments:
Post a Comment